Dapatkan informasi secara realtime dengan mengikuti kami di Blogger   or Google News

Distribusi Frekuensi dan Penyajian Data (Pertmuan 3)

Distribusi frekuensi adalah cara untuk mengorganisasi dan merangkum data kuantitatif agar lebih mudah dipahami dan dianalisis.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Distribusi Frekuensi dan Penyajian Data

Mata Kuliah: Statistik
SKS: 2
Pertemuan: 3
Dosen Pengampu: Putri Pradita Nuramalia, M.Tr.ID

Distribusi Frekuensi

Distribusi frekuensi adalah cara untuk mengorganisasi dan merangkum data kuantitatif agar lebih mudah dipahami dan dianalisis. Tujuan utama dari distribusi frekuensi adalah untuk menunjukkan seberapa sering setiap nilai atau interval data muncul dalam kumpulan data. Cara paling umum untuk menyajikan distribusi frekuensi adalah dengan menggunakan tabel frekuensi dan histogram.

Range (jangkauan) adalah selisih data terbesar (maksimum) dengan data terkecil (minimal)

R = Xmaks - Xmin

Banyak kelas menurut H.A STRUGES dapat dicari dengan rumus :

K = 1 + 3,3 log n

Interval kelas (panjang kelas) adalah selisih data terbesar dengan data terkecil dibagi dengan banyaknya kelas 

 𝑃 = 𝑅  / 𝐾

  • P = panjang kelas 
  •  K = banyak kelas 
  •  R= rentang

Langkah - Langkah

  • Pengelompokkan Data 
  • Menghitung Frekuensi 
  • Membuat Tabel Frekuensi 
  • Menyajikan Data dengan Histogram

1. Pengelompokan Data

  • Jika data Anda bersifat kontinu, pertama-tama tentukan interval (kelas) yang akan digunakan untuk mengelompokkan data. Misalnya, jika Anda memiliki data tinggi badan, Anda bisa membaginya menjadi interval seperti 150-160 cm, 161-170 cm, dan seterusnya.
  • Jika data Anda bersifat diskrit, maka Anda tidak perlu melakukan pengelompokan.

2. Menghitung Frekuensi

Hitung berapa kali setiap nilai atau interval muncul dalam data Anda

3. Membuat Tabel Frekuensi

Buat tabel dengan dua kolom: satu untuk nilai atau interval dan yang lainnya untuk frekuensi masing-masing. Tambahkan kolom lain jika Anda ingin mencantumkan kolom-kolom seperti frekuensi relatif atau frekuensi kumulatif.

Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel distribusi frekuensi adalah alat penyajian data statistik yang terdiri dari baris dan kolom, yang memuat angka-angka untuk menggambarkan distribusi atau pembagian frekuensi dari variabel yang sedang menjadi objek penelitian

  • Jenis tabel distribusi frekuensi, Tabel distribusi frekuensi data tunggalmemuat frekuensi dari data yang tidak dikelompokkan 
  • Tabel distribusi frekuensi data kelompok, Memuat frekuensi data yang didistribusikan dalam kelompok-kelompok atau kelas yang berbeda 
  • Tabel distribusi frekuensi kumulatif, Menyatakan frekuensi total yang ada dibawah atau diatas batas bawah suatau kelas.
  • Tabel distribusi frekuensi relative,  Perbandingan antara frekuensi masing-masing kelas dengan jumlah frekuensi seluruhnya yang dinyatakan dalam persentase
  • Tabel distribusi frekuensi kumulatif relative, Frekuensi kumulatif dibagi frekuensi total dikalikan seratus persenfkrel = fk f x 100%

4. Menyajikan Data dengan Histogram

Jika Anda ingin secara visual menggambarkan distribusi frekuensi, Anda dapat membuat histogram. Diagram ini berisi batang-batang yang mewakili interval-interval data dengan tinggi batang menunjukkan frekuensinya.

Contoh Tabel Frekuensi:

statistika


Contoh Histogram:

statistika

Dengan distribusi frekuensi, Anda dapat melihat sebaran nilai-nilai dalam data Anda dan mengidentifikasi modus (nilai yang paling sering muncul), median (nilai tengah), serta melihat apakah data memiliki bentuk distribusi tertentu seperti distribusi normal atau distribusi asimetris. Penting untuk diingat bahwa cara Anda mengelompokkan data atau memilih interval dapat memengaruhi interpretasi hasil. Pemilihan yang baik dari interval dan penyajian yang jelas adalah kunci untuk membuat distribusi frekuensi yang informatif.

Penyajian Data

Penyajian data merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitian yang telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan.Data yang disajikan harus sederhanaan jelas agar mudau dibaca.

  • Diagram Lambang, Penyajian data statistik dalam bentuk gambar-gambar dengan ukuran tertentu untuk menunjukkan nilai masing-masing data
  • Diagram Batang, Digunakan untuk membandingkan suatu data dengan data keseluruhan
  • Diagram Garis, Digunakan untuk membandingkan suatu data dengan data keseluruhan
  • Diagaram Lingkaran, Bentuk diagram lingkaran didasarkan pada pembagian sebuah lingkaran dalam beberapa bagian sesuai dengan jenis data yang akan disajikan 
  • Histogram adalah menggambarkan distribusi frekuensi. Histogram terdiri dari persegi panjang yang alasnya merupakan panjang kelas interval, sedangkan tingginya sama dengan frekuensi masing-masing kelas interval.
  • Poligon frekuensi, Poligon frekuensi adalah suatu garis putus putus yang menghubungkan titik tengah ujung batang histogram.
  • Ogive, Grafik ogive dibuat dari daftar sebaran”frekuensi kumulatif kurang dari” dan “frekuensi kumulatif lebih dari”

Download PPT

Distribusi Frekuensi dan Penyajian Data 3 MB

Preview PPT

Related Posts

Baca juga :

About the Author

Selanjutnya kalian mau di buatkan artikel tentang apalagi? Tuliskan pada kolom komentar.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.