Dapatkan informasi secara realtime dengan mengikuti kami di Blogger   or Google News

Teknik Dasar Radioterapi Eksterna dan Interna

radioterapi
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

 Teknik Dasar Radioterapi Eksterna dan Interna

Oleh: Putri Pradita Nuramalia, M.Tr.ID

Radioterapi 

Terapi untuk pengobatan kanker bertujuan untuk membunuh sel kanker dengan radiasi baik dari alam (zat radioaktif terbungkus) maupun buatan (pembangkit radiasi pengion). Radioterapi merupakan salah satu dari ketiga terapi utama pada kanker yaitu pembedahan dan kemoterapi. Tujuan utama pemberian radioterapi adalah memberikan dosis optimal pada tumor/kanker, namun memberikan dosis seminimal mungkin pada organ atau jaringan sekitar tumor/kanker. Aplikasi radiasi pada pengobatan penyakit kanker yang berlandaskan pada aspek-aspek onkologi lebih disebut dengan onkologi radiasi. 

Jenis Pesawat Radioterapi

Pada prinsipnya metode terapi radiasi ini adalah dengan memaparkan sinar pengion yang dapat berasal dari pembangkit radiasi pengion dan zat radioaktif pada jaringan kanker. Caranya dapat berupa radiasi eksterna (teletherapi), interna (brakhiterapi) atau dengan kombinasi keduanya. Radiasi eksterna disebut juga teletherapy, merupakan metode pemberian radiasi dengan sumber radiasi terletak pada suatu jarak tertentu dari tubuh pasien. Pesawat Cobalt-60, Linear Accelerator, Tomotherapy, Linac + MRI (hybrid), Gamma Knife dan Cyber Knife merupakan jenis pesawat radioterapi eksterna. Radiasi interna atau brakhiterapi merupakan komplemen metode teleterapi dengan cara memasang sumber radiasi ke dalam tumor. Disebut komplementari oleh karena brakhiterapi bertujuan untuk memberikan dosis terapi tambahan (booster) setelah pemberian radiasi eksterna sehingga akan tercapai dosis tumorisidial.


Radioterapi Eksterna dan Internal 835kb

Related Posts

Baca juga :

About the Author

Selanjutnya kalian mau di buatkan artikel tentang apalagi? Tuliskan pada kolom komentar.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.